Subcribes

Rabu, 18 Agustus 2010

83 Napi Bebas di HUT RI ke 65 di Aceh


Duniamalam-news.blogspot.com  : BANDA ACEH - Sedikitnya 1.197 narapidana di Aceh mendapat pengurangan masa hukuman (remisi).
Pemberian remisi dalam rangka HUT RI ke65 itu, secara simbolis di pusatkan di LP Kahju, Kecamatan Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar, dipimpin Gubernur Aceh Irwandi Yusuf.



Kepala Kanwil Depertemen Hukum dan HAM Aceh, Acep Hendarmin merincikan, sebanyak 1.114 napi memperoleh remisi satu hingga enam bulan, sedangkan 83 lagi remisi bebas.

“Remisi diberikan kepada narapidana yang berkelakuan baik,” katanya, Selasa (17/8/2010).

Di Aceh, kata dia, saat ini ada 3.267 penghuni LP dan Rumah Tahanan, di mana 2.069 napi selebihnya tahanan. Jumlah itu dinilai telah over kapasitas.

Mayoritas dari mereka dihukum akibat tersangkut kasus narkoba. “Sekitar 60 persen di antaranya akibat kasus narkoba,” sebut Acep.

Pihaknya sedang merampungkan beberapa Rutan di Provinsi itu untuk mencegah makin membludaknya penghuni. Di antaranya di Sigli, Kapaten Pidie, Kota Langsa, Lambaro, Aceh Besar.

Sementara Irwandi Yusuf meminta para napi memperoleh remisi, untuk tak mengulang lagi perbuatannya.

Di depan para napi, dia berbagi pengalaman hidup di penjara. “Penjara sekarang lebih baik dibanding waktu masa konflik dulu,” kata bekas tahanan politik karena terlibat dalam Gerakan Aceh Merdeka itu.

Irwandi pernah dibui di LP Keudah, Banda Aceh yang kini sudah lenyap dihempas tsunami 2004, setelah divonis 9 tahun. Selamat dari amuk tsunami, dia mendapat amnesti.

“Dipenjara sangat tidak enak. Kebebasan kita dirampas,” ujar mantan dosen Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh ini.

“Maka setelah bebas nanti, jangan pernah ada niat kembali lagi ke sini (Penjara),” tambahnya yang disambut gelak tawa para napi.

Sbr : Okezone
Baca Artikel Lainya Di bawah ini :


Widget by dunia malam
Bookmark and Share

Comments :

0 komentar to “83 Napi Bebas di HUT RI ke 65 di Aceh”

Posting Komentar

Followers

 

Copyright © 2009 by DUNIA MALAM NEWS

Template by News | dunia malam