Subcribes

Minggu, 18 Juli 2010

Ada 10 Tips Atasi Rasa Risau

Membiarkan diri larut dalam kerisauan yang berlarut-larut sama dengan bunuh diri. Karena itu, Anda harus menemukan cara untuk mengatasinya. Simak 10 tips berikut, semoga Anda bisa belajar hidup lebih santai, dan menikmati kehidupan, bebas dari stress oleh kerisauan pikiran.

1. Sederhanakanlah hidup Anda.
Jangan mengundang berbagai keruwetan seperti utang yang setinggi langit. Jangan hidup lebih besar pasak daripada tiang. Hal itu akan menumbuhkan kerisauan.

2. Ingat kenangan manis.
Pikirkanlah tentang hal-hal yang menyenangkan di masa lalu jika menghadapi kesulitan. Berusahalah juga mengembangkan selera humor yang lebih baik.

3. Jangan mau risau.
Tanamkan pada diri sendiri bahwa risau merupakan kebiasaan jelek. Kalau perlu sebelum tidur maupun setelah tidur, sering-seringlah mengucapkan perulangan kata berikut ini: “Saya tidak boleh risau.”

4. Berbagi rasa.
Bicarakan hal-hal yang merisaukan Anda dengan seorang kawan yang berkepala dingin. Dengan demikian Anda bisa berbagi kesulitan dan mencari jalan keluarnya.

5. Buat rencana kerja dan laksanakan.
Tindakan nyata lebih baik daripada tidak berbuat apa-apa dan membiarkan kerisauan berlarut-larut.

6. Pikiran dan sikap positif.
Pikirkan masalah yang Anda hadapi secara matang dengan tenang. Separung dari segala kerisauan di dunia terjadi pada orang-orang yang mengambil keputusan sebelum mereka siap untuk bertindak. Ketidaksiapan itu menumbuhkan kerisauan.

7. Pupuk percaya diri.
Tanamkan pada diri sendiri bahwa Anda memiliki kemampuan untuk mengatasi kesulitan. “Kalau Anda tidak percaya pada diri sendiri, Anda tak mungkin merasa bahagia dan santai,”

8. Carilah pemecahan masalah.
Kerisauan merupakan pemborosan daya tahan mental yang tak berguna. Anda tak akan bisa mencari pemecahan masalah dengan membiarkan diri digerogoti kerisauan yang berlarut-larut.

9. Jangan mencari-cari masalah.
Ada orang yang tidak merasa bahagia kalau tidak menghadapi masalah yang bisa dirisaukan.

10. Kembangkan diri sendiri.
Pengembangan diri, meskipun dalam masalah-masalah kecil, merupakan obat mujarab terhadap kerisauan dan perasaan tidak bahagia.
Baca Artikel Lainya Di bawah ini :


Widget by dunia malam
Bookmark and Share

Comments :

0 komentar to “Ada 10 Tips Atasi Rasa Risau”

Posting Komentar

Followers

 

Copyright © 2009 by DUNIA MALAM NEWS

Template by News | dunia malam